Himbauan Sikapi Isu Bug Motherboard P67 dan H67 dari Intel

Meski adalah sebuah teknologi yang masih segar karena baru saja dirilis dan bahkan menjadi paling canggih masih tetap tidak luput dari kesalahan produksi. Hal ini terjadi pada salah satu motherboard baru Intel yang diperuntukkan bagi prosesor Sandy Bridge yaitu motherboard P67 dan H67.

Meski kadang hal tersebut kerap terjadi karena umumnya produk mass production fabrikasi yang kadang kurang sempurna namun masih tetap saja memberikan kecemasan apalagi bagi para pengguna prosesor Sandy Bridge yang menggunakan 2 motherboard diatas. Staff manajemen Intel, Kelly Keller akhirnya memberikan press release yang cukup mencerahkan untuk mensikapi permasalahan ini.

Chipset Motherboard Apa Saya Yang Terkena Dampak?
Adalah semua motherboard chipset P67 dan H67 dari semua vendor tak terkecuali dengan shipping unit setelah tanggal 9 Januari 2011. Motherboard yang dikirim dari vendor ke distributor sebelum tanggal 9 Januari tidak mengalami kegagalan chipset.

note: bagi anda yang sekarang memakai platform Sandy Bridge bisa menghubungi distributor motherboard untuk menanyakan kapan motherboard anda dikirim dari Taiwan ke Indonesia.

Masalah Apa Yang Sebenarnya Terjadi?
Potensi masalah yakni melambatnya data transfer dari storage (HDD/ODD/SSD) setelah dipake kurun waktu lama pada chipset Intel ® 6 Series (dan Intel ® C200 Series Chipset). Masalah ini tidak mempengaruhi prosesor tetapi hanya mempengaruhi chipset pendukung. Intel telah menerapkan revisi silikon untuk memperbaiki masalah ini.

Apa Yang Harus Saya Lakukan Apabila Motherboard Saya Termasuk Dalam List Gagal?
Sementara menanti replacement unit dari tiap vendor motherboard di bulan April 2011 atau setelahnya, user dihimbau untuk menghindari port SATA II 3Gbps ke 2, 3, 4 dan 5. Anda masih bisa menggunakan port SATA III 6GBps ke 0 dan 1 karena terbebas dari masalah. Port controller SATA 3rd party seperti Marvell yang juga diintegrasikan pada contoh motherboard ASUS P8P67, ASRock P67 Extreme4, MSI P67 GD65 juga terbebas dari masalah.

note: contoh motherboard itu memiliki 8 SATA port, yakni 6 Intel dan 2 Marvell


Seberapa Besar Dampaknya?
Antara 5% hingga 15% dalam kurun waktu tiga (3) tahun setelah port SATA 2 3GBps pada chipset yang gagal ini bekerja extra berat seperti pada server dan laptop.

Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi Blog Intel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s